Thursday, 22 November 2012

Google Street View Hadir di Indonesia

Google Street View Hadir di Indonesia

Hari ini (23/11/2012) Google resmi memperkenalkan layanan Street View khusus untuk wilayah Indonesia. Google Street View adalah fitur dari Google Maps yang memungkinkan penggunanya melihat keadaan sebenarnya dari suatu tempat dengan menyediakan pemandangan jalan 360°. Tujuan sebenarnya dari Street View ini adalah untuk menyediakan pemandangan jalanan seluruh dunia. Meski sudah ada sejak tahun 2007, namun baru tahun ini Street View hadir di Indonesia.

Indonesia menjadi negara ke-45 yang disambangi Street View dari Google. Peresmian pertama diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. Proyek Google Street View ini akan dimulai dari Kota Jakarta dan akan segera dilanjutkan ke kota-kota lain. Selain mengambil gambar jalanan sebuah kota, Google memang akan mengambil gambar daerah-daerah pariwisata terkenal di Indonesia.

Jakarta menjadi kota pertama yang akan didata, pengambilan foto di Jakarta akan dilakukan oleh lebih dari 10 mobil yang dilengkapi kamera 360 derajat. Karena Jakarta sangat luas, akan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pengambilan foto ini.

Ada 4 hal penting yang harus diketahui dari Google Street View. Pertama, foto yang diambil hanyalah yang ada di tempat umum. Kedua, data tidak bersifat realtime. Jadi, pengguna tidak bisa melihat apa yang sedang terjadi hari ini. Ketiga, untuk keamanan dan privasi, semua wajah orang dan plat nomor kendaraan akan dibuat blur atau buram. Ke-empat, Google mempunyai kewenangan menghapus foto jika dianggap melanggar privasi seseorang, perusahaan atau pemerintah.

Credit image: KompasTekno

Google Street View Hadir di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alan Gabriel

0 comments:

Post a Comment