Monday, 8 October 2012

Linus Torvalds dan Dr Shinya Yamanaka dianugerahi Penghargaan Millennium Technology Prize


Linus Torvalds dan Dr Shinya Yamanaka dianugerahi Penghargaan Millennium Technology Prize
Ilmuwan Jepang Dr Shinya Yamanaka dan Linus Torvalds , yang menciptakan sistem operasi open source Linux untuk komputer. telah dianugerahi Millennium Technology Prize, BBC News melaporkan.

Penghargaan kepada Dr Shinya Yamanaka adalah untuk menemukan cara untuk memprogram ulang sel manusia untuk meniru sel induk embrionik, yang dapat menjadi sel apapun di dalam tubuh. Disebut sel induced pluripotent stem (iPS), penelitian ini sekarang menjadi bantuan pengobatan regeneratif.

Dr Shinya Yamanaka menjadi pemenang bersama dengan Linus Torvalds , yang menciptakan sistem operasi open source Linux. Ini adalah pertama kalinya hadiah dibagi oleh dua ilmuwan - mereka akan membagi penghargaan sebesar euro 1.2m ($ 1,3 juta, £ 800.000).

Presiden Republik Finlandia, Sauli Niinisto, memberikan hadiah di Finnish National Opera di Helsinki.
Dr Ainomija Haarla, Presiden Akademi Teknologi Finlandia (Technology Academy Finland) sebagai yayasan yang memberi penghargaan setiap dua tahun mengatakan: "Komite Seleksi Internasional harus menilai apakah suatu inovasi telah memiliki dampak positif pada kehidupan masyarakat dan menilai potensinya untuk pengembangan lebih lanjut untuk manfaat manusia di masa depan."

"Inovasi dari kedua pemenang tahun ini mewujudkan prinsip. Penemuan Dr Shinya Yamanaka dari metode baru untuk mengembangkan sel-sel induk berpotensi majemuk untuk penelitian medis yang bisa membantu memerangi penyakit ganas."

Linus Torvalds dan Dr Shinya Yamanaka dianugerahi Penghargaan Millennium Technology Prize Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alan Gabriel

0 comments:

Post a Comment