Google Now, Aplikasi Asisten Mirip Apple Siri Di Android

Setelah Apple membeli Siri beberapa tahun yang lalu, banyak menganggap itu adalah langkah pertama perusahaan dalam pertempuran melawan bisnis pencarian Google.



Google benar-benar memanfaatkan momen di ajang Google I/O Conference dengan melakukan ‘show of force’ jajaran produk seperi Google Nexus 7, Nexus Q, Android 4.1 Jelly Bean dan Google Glass.

Bersama dengan munculnya Android 4.1 Jelly Bean, Google memperkenalkan sebuah fitur baru serupa aplikasi asisten Apple Siri yang diberi nama Google Now. Google Now ini merupakan salah satu bentuk perlawanan Google untuk bersaing dengan Apple Siri. Seperti apakah fitur Google Now?

Berbeda dengan Apple Siri atau Samsung S Voice, Google Now merupakan ekspansi dari layanan Google Search yang memiliki kemampuan cerdas dengan menambahkan aneka macam ‘card‘ atau kartu yang akan membantu pengguna untuk memantau cuaca, menunjukan lokasi dan rekomendasi tempat yang sebaiknya dikunjungi pengguna. Sistem ini mirip sebuah add-on atau plug-in yang dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan.


Apabila Siri menggunakan Wolfram Alpha sebagai 'otaknya', aplikasi Google Now ini akan memaksimalkan fungsi dari mesin pencari Google dalam menjawab dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna handset.

Seperti halnya Siri yang dapat menuntun pengemudi mobil untuk mendapatkan akses tercepat dan peta suatu wilayah, Google Now ini juga dapat melakukan hal yang sama dan menganjurkan pengemudi untuk melewati jalan lain ketika jalan yang akan dilaluinya sedang terjadi kemacetan. Menurut penjelasan Google yang dikutip oleh Forbes.com, Google Now ini memang sangat mirip dengan asisten pribadi asli pada umumnya.

Selain menggunakan mesin pencari Google, Google Now ini juga menggunakan satu produk yang bulan lalu telah diluncurkan Google yaitu Google Knowledge Graph.



Fitur canggih Google Now ini dapat diakses dari lockscreen atau melalui widget Google Search, kemudian pengguna akan disuguhi search bar sederhana yang siap untuk menerima pertanyaan atau perintah suara.

Pada awal kehadirannya, Google Now menghadirkan 10 card antara lain :

-Traffic, untuk membantu pengguna untuk mencapai tempat yang diinginkan, fungsinya mirip GPS.
-Public Transit, menghadirkan informasi tentang tempat transit kendaraan umum seperti terminal, halte bus dan lain sebagainya.
-Next Appointment, berfungsi seperti reminder yang akan mengingatkan pengguna terhadap janji yang dibuat serta menandai lokasi terkait di peta.
-Flights, menghadirkan informasi jadwal penerbangan.
-Sports, menghadirkan informasi up-to-date seputar dunia olahraga.
-Places, membantu pengguna menemukan restoran atau hotel disekitar tempat wisata yang dikunjungi serta menambahkan review mengenai tempat tersebut.
-Weather, menghadirkan informasi cuaca tempat tinggal pengguna.
-Translation, kamus online berbasis Google Translate.
-Currency, menghadirkan informasi mengenai kurs mata uang berbagai negara.
-Time at Home, menghadirkan informasi waktu saat pengguna berada di zona waktu lain.

 Seperti halnya Nexus 7 dan Jelly Bean, Google berencana merilis Google Now ini di bulan Juli 2012.




@



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Google Now, Aplikasi Asisten Mirip Apple Siri Di Android | Media Informasi Tehnologi