Teknologi Terbaru Untuk Melipatgandakan Daya Tahan Baterai Smartphone


Teknologi Terbaru Untuk Melipatgandakan Daya Tahan Baterai Smartphone
Smartphone telah merevolusi cara kita berinteraksi satu sama lain dengan perangkat mobile. Daya tahan baterai pada smartphone modern, telah menjadi perhatian abadi, menyebabkan ketersediaan berbagai aplikasi, banyak dari aplikasi tersebut merupakan aplikasi berbayar, yang mengklaim untuk melestarikan, atau bahkan meningkatkan daya tahan baterai Anda. Belum lagi paket baterai tambahan, dan baterai cadangan dengan kapasitas yang lebih tinggi yang cukup besar untuk membutuhkan panel belakang khusus untuk perangkat Anda. Kebenaran yang menyedihkan adalah, bahwa kecuali teknologi baterai itu sendiri yang meningkat, ada sedikit yang aplikasi ini dapat lakukan untuk benar-benar meningkatkan hidup baterai Anda.

ETA Devices, perusahaan spinout MIT, mungkin memiliki solusi untuk masalah ini. Eta mengklaim bahwa mereka telah menciptakan desain amplifier listrik baru yang dapat melipat gandakan kekuatan baterai, dengan memotong konsumsi daya menjadi setengah.

Power amplifier adalah inti dari terobosan, jadi mari kita lihat dasar-dasar bagaimana teknologi ini bekerja.

Amplifikasi daya adalah proses untuk mengubah listrik menjadi sinyal radio, atau sarana koneksi selular. Hal ini terjadi di menara selular putus-putus sekeliling lanskap, tetapi juga terjadi di dalam ponsel. Ini adalah proses yang tidak efisien, berpotensi membuang 65% dari energi yang terlibat. Hal ini menjadi sangat jelas ketika mengirim file besar atau menggunakan sejumlah besar data dalam waktu singkat, dan Anda mungkin merasakan ponsel Anda menjadi panas.

Power amplifier

Teknologi ETA masih sedang diuji di laboratorium, dan diharapkan akan diusahakan pada tahun 2013. Idenya adalah untuk mengurangi penggunaan energi dari base station menjadi setengah melalui peningkatan efisiensi daya amplifier sehingga meminimalkan energi yang terbuang. Jika berhasil, teknologi yang sama dapat ditingkatkan ke chip yang lebih kecil untuk penggunaan di smartphone untuk meningkatkan masa pakai baterai.

Kedengarannya cukup mewah, tetapi jika itu benar-benar berhasil, kita bisa menarik manfaat banyak dari baterai yang ada, dan mendapatkan penggunaan lebih banyak dari telepon. Berharap hari itu segera datang.

Sumber: MIT Technology Review


@



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Teknologi Terbaru Untuk Melipatgandakan Daya Tahan Baterai Smartphone | Media Informasi Tehnologi