Sunday, 18 November 2012

Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi, Bapak Aljabar


Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi, Bapak Aljabar
Muhammad bin Musa al-Khwarizmi adalah seorang ahli matematika, astronomi, astrologi, dan geografi yang lahir sekitar tahun 780 dan wafat sekitar tahun 850 di Baghdad. Beliau telah membuat kontribusi besar untuk dunia matematika dan ilmu pengetahuan. Yang perlu diperhatikan, meskipun Al-Khawarizmi adalah penemu algoritma di bidang matematika, dalam ilmu komputer, ini membentuk dasar untuk perhitungan primer, oleh karena itu Al-Khawarizmi juga telah disebut sebagai bapak ilmu komputer.

Karya terbesar beliau dalam matematika, astronomi, astrologi, geografi, kartografi, menjadi fondasi ilmu pengetahuan dan kemudian lebih inovatif lagi dalam aljabar, trigonometri, dan pada bidang lain yang beliau tekuni. Pendekatan logika dan sistematis beliau dalam penyelesaian persamaan linear dan notasi kuadrat memberikan keakuratan dalam disiplin aljabar. Penemuan perhitungan matematika semacam ini telah digunakan dalam ilmu komputer dan banyak penemuan lainnya.

Muhammad bin Musa al-Khwarizmi adalah anggota Rumah Kebijaksanaan di Baghdad di mana ia memberikan kontribusi sebagian besar untuk temuan dan penelitian. Rumah kebijaksanaan hanyalah sebuah pusat penelitian di mana isu-isu ilmiah dilakukan. Hal ini juga dilakukan beberapa kegiatan mengajar di sana. Menariknya, pria ini juga telah dikaitkan dengan keberhasilan aljabar modern. Dia mendasarkan sebagian besar karya-karyanya pada temuan yang telah ditulis oleh para ilmuwan dan matematikawan yang hidup sebelum dirinya. Namun penelitian konstan dan penemuan dalam matematika telah digunakan sebagai dasar untuk penemuan ilmiah.

Dalam upaya untuk mengambil keterampilan matematika tingkat lanjut, Muhammad bin Musa al-Khwarizmi juga membuat beberapa perhitungan mengenai posisi bulan. Seolah-olah itu tidak cukup, perhitungan nya bahkan lebih jauh lagi termasuk posisi matahari dan planet-planet. Kalender dan fitur yang menggambarkan akurasi menghitung hari dalam setahun juga dikaitkan dengan temuan dan perhitungannya. Banyak dari karya-karya yang ia lakukan kemudian dilanjutkan oleh para ilmuwan yang hidup setelah dia untuk pengembangan dan perbaikan lebih lanjut.

Hal ini dapat dicatat dari sebelumnya bahwa Al-Khawarizmi telah melakukan banyak penelitian dalam hal temuan astrologi penting dan perhitungan yang terbukti menjadi sangat penting dalam tahun-tahun berikutnya. Tapi salah satu hal yang paling menarik tentang karyanya adalah pengenalan tentang angka romawi dalam bahasa Inggris. Sampai saat ini, sistem ini masih digunakan dan bekerja seperti yang beliau bayangkan.

Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi, Bapak Aljabar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alan Gabriel

0 comments:

Post a Comment