Astronom Temukan Planet Berlian dengan Ukuran 2 Kali Bumi


Astronom Temukan Planet Berlian 55 Cancri e dengan Ukuran 2 Kali Bumi

Astronom melaporkan keberadaan "planet berlian" dengan ukuran dua kali lebih besar dan delapan kali massa planet Bumi, dan mengorbit bintang menyerupai matahari.

Planet 55 Cancri e bukanlah planet berlian pertama yang pernah ditemukan, tetapi planet ini adalah yang pertama ditemukan mengorbit bintang menyerupai matahari dan diteliti secara detail mengenai unsur-unsur kimia yang terkandung di dalamnya.

Penelitian ini dilakukan oleh Nikku Madhusudhan, peneliti pasca-doktoral bidang fisika dan astronomi di Yale, dan Olivier Mousis dari Institut Penelitian Astrofisika dan Planetologi, Toulouse, Perancis. Dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa sepertiga massa planet adalah berlian. Sepertiga massa planet ini setara dengan tiga massa Bumi.

Dengan penemuan ini planet yang kaya karbon dan berbatu yang jauh tak lagi bisa diasumsikan memiliki unsur kimia, interior, atmosfer, atau kandungan biologi yang mirip dengan Bumi.

Sebenarnya planet berlian ini telah diobservasi tahun lalu, namun pada saat itu para peneliti pertama mengasumsikan bahwa unsur kimia planet ini mirip dengan Bumi.

Setelah analisis mendetail dari tim peneliti gabungan Amerika dan Prancis, mereka mendapati bahwa planet 55 Cancri e memiliki struktur berbeda dengan Bumi.

Rupanya planet ini sebagian besar terdiri dari gabungan karbon (seperti grafit dan berlian), besi, karbid silikon, dan silikat. Seperti ditulis para peneliti dalam laporan yang dimuat di jurnal  Astrophysical Journal Letters.

Permukaan planet ini sepertinya ditutupi oleh grafit dan berlian dan bahkan planet ini sepertinya sama sekali tak punya air. Dan sekitar sepertiga dari massa planet bisa terbuat dari berlian, sejenis karbon yang sangat padat.

Para peneliti memperkirakan radius planet saat berada di depan bintangnya. Informasi ini, digabung dengan perkiraan massanya, digunakan untuk menentukan model komposisi planet. Berdasarkan perhitungan tersebut, mereka kemudian menentukan apa saja elemen yang bisa menghasilkan ukuran dan massa yang spesifik.

Planet 55 Cancri e mengorbit bintangnya sangat cepat, satu tahun di Bumi berlalu hanya 18 jam di planet tersebut. Dan karena terletak sangat dekat dengan bintangnya, suhu di permukaan rata-rata 3900 derajat Fahrenheit (2148 derajat Celsius), sangat tidak memungkinkan adanya kehidupan.

Planet yang hanya 40 tahun cahaya dari Bumi dan terletak di konstelasi Cancer ini membuka kemungkinan-kemungkinan baru dalam mempelajari proses geokimia dan geofisika pada planet-planet seukuran Bumi lain di sekitar bintang terdekat.

Pakar astronomi Universitas Princeton, David Spergel, mengatakan, penelitian atas struktur dasar dan sejarah sebuah planet menjadi mudah jika massa dan usia planet itu diketahui. Bintang-bintang itu cukup sederhana, dengan melihat massa dan usia bintang, Anda bisa tahu struktur dasar serta sejarahnya.

"Planet-planet ini jauh lebih kompleks. Planet berlian ini adalah salah satu contoh kekayaan alam semesta yang sewaktu-waktu bisa ditemukan saat kita mengeksplorasi planet-planet di sekitar bintang terdekat," kata Spergel.

Jadi jika seandainya Anda bisa sampai di sana Anda akan sangat kaya. Tetapi Anda tidak akan mau tinggal disana..............




@



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Astronom Temukan Planet Berlian dengan Ukuran 2 Kali Bumi | Media Informasi Tehnologi