Wednesday, 22 August 2012

Jupiter cukup besar untuk menelan semua planet di tata surya


Volume adalah hal yang rumit. Otak kita cukup pandai menilai ukuran linear relatif. Tetapi volume meningkat jauh lebih cepat dari ukuran linear. Ambil kubus di mana masing-masing pihak merupakan satu sentimeter. Memiliki volume satu sentimeter kubik (cc). Sekarang dua kali lipat panjang setiap sisi 2 cm. Ini terlihat dua kali lebih besar, tapi volumenya naik ke 8 cc! Volume kubus adalah panjang x lebar x tinggi.

Spheres adalah cara yang sama: volume meningkat dengan kubus radius. Secara khusus, volume = 4/3 x x π (radius) 3 . Jadi satu bidang mungkin terlihat sedikit lebih besar daripada yang lain, tetapi sebenarnya memiliki volume yang lebih banyak.

Demikianlah cara membandingkan Jupiter dengan planet lain, dan Saturnus terlihat hanya sedikit lebih kecil, radius Saturnus adalah sekitar 60.000 km dibandingkan dengan Jupiter 71.000. Tapi itu ternyata membuat perbedaan besar dalam volume!

Perbandingan ukuran planet dalam tata surya

Berikut ini merupakan tabel untuk membandingkan planet. Kolom nomor pertama adalah radius khatulistiwa planet di kilometer (planet terbesar adalah bukan bola yang sempurna, tetapi karena Anda akan melihat ini tidak masalah). Kolom Angka kedua adalah volume km kubik berdasarkan radius. Yang ketiga adalah volume planet dibagi dengan volume Jupiter (sehingga rasio itu = 1 untuk Jupiter sendiri). Kolom terakhir adalah sama, tapi dibulatkan ke dua desimal untuk membuatnya lebih mudah untuk dibaca.

volume planet-planet di tata surya


Kesimpulan besar di sini adalah cukup jelas ketika Anda melihat kolom terakhir. Meskipun Saturnus hanya sedikit lebih kecil dari Jupiter, hanya memiliki 60% dari volume Jupiter! Uranus dan Neptunus bersama-sama hanya 9%. Jika Anda menggabungkan semua planet-planet di tata surya kita, mereka menambahkan hingga hanya sekitar 70% dari volume Jupiter. Yang meninggalkan banyak ruang tersisa untuk semua bulan dan asteroid di tata surya!

Jadi Jupiter benar-benar adalah sebuah rakasa. Ada setengah-lelucon astronom mengatakan: Tata surya terdiri dari Matahari, Jupiter, dan puing-puing berbagai macam. Seperti yang Anda lihat, itu benar-benar tidak jauh dari kebenaran!

Referensi: http://blogs.discovermagazine.com/badastronomy/2012/08/22/bafact-math-jupiter-is-big-enough-to-swallow-all-the-rest-of-the-planets-whole/
Gambar kredit: NASA

Jupiter cukup besar untuk menelan semua planet di tata surya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alan Gabriel

0 comments:

Post a Comment