Ina Geoportal, Peta Interaktif Informasi Geospasial Indonesia

Ina-Geoportal, suatu portal informasi geospasial Indonesia dari berbagai instansi yang dibangun Badan Informasi Geospasial (BIG-dulu Bakosurtanal) dan bisa dibuka di http://tanahair.indonesia.go.id. Mentri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta menyatakan Ina Geoportal berisi peta geospasial yang dikelola oleh BIG adalah wujud implementasi UU No 4 Tahun 2011.

Peta Interaktif Informasi Geospasial Indonesia

Ina Geoportal berisi jaringan data geospasial dari beberapa instansi yang memiliki data geospasial dan diintegrasikan menjadi satu portal. Dalam Ina Geoportal rencananya terdapat kurang lebih data geospasial dari 57 kementrian atau lembaga (K/L), 33 provinsi, dan 500 kabupaten dan kota. Namun, hanya 24 instansi, propinsi, kabupaten yang terintegrasikan dalam Ina Geoportal.

UU Nomor 4/2011 tentang Informasi Geospasial memberi wewenang kepada BIG sebagai lembaga satu-satunya yang membuat peta dasar. Itu karena BIG membuat peta berdasarkan sistem jaring kontrol geodesi, menggunakan layer kontur atau tiga dimensi

Ina-geoportal merupakan peta interaktif, untuk sharing, drag and drop dan lain-lain seperti GIS Application.

Akhir 2012, BIG akan selesai memperbaharui peta dasar nusantara dengan ketelitian 1:250.000, yang akan terus dilanjutkan dengan 1:50.000, 1:25.000, hingga 1:1.000 sesuai amanat UU dimana halaman rumah akan jelas terlihat.


@



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Ina Geoportal, Peta Interaktif Informasi Geospasial Indonesia | Media Informasi Tehnologi