4 Tips Dasar Tentang Manajemen Waktu


Argumen utama yang menjelaskan mengapa waktu adalah sangat berharga dan penting adalah kenyataan bahwa waktu begitu terbuang tidak pernah dapat kembali . Oleh karena itu, kita harus menggunakan waktu kita dengan bijaksana, merencanakan dan mencari prioritas.

Tips Tentang Manajemen Waktu

Berikut adalah beberapa pedoman untuk mengatur waktu Anda lebih produktif

Membuat rincian
Pertimbangkan, menghafal, dan menganalisis apa yang ingin Anda lakukan. Pikirkan tentang setiap tugas dan semua tindakan yang mengikuti dari itu. Temukan hal-hal yang paling penting dan memerlukan perhatian penuh Anda, yang dapat dilakukan tanpa banyak usaha, tergantung pada orang lain, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas, dll. Berdasarkan faktor tersebut, Anda akan berhasil merencanakan pekerjaan Anda dalam waktu yang ditentukan.

Mengatur prioritas
Prioritas memungkinkan Anda untuk mengetahui mana tugas-tugas yang paling penting dan karenanya harus memiliki keuntungan atas orang lain. Cara mudah untuk memprioritaskan adalah untuk menghubungkan semua tugas Anda ke salah satu kategori berikut:

• Mendesak dan penting

• Penting tapi tidak mendesak

• Mendesak tapi tidak penting.

Metode ini membantu Anda mengkategorikan tugas-tugas Anda sesuai dengan prioritas Anda. Lokasi dari tugas sesuai dengan kategori ini dapat berubah dari waktu ke waktu, dan Anda mungkin harus kembali ke definisi prioritas.

Tuliskan rencana Anda
Bila Anda punya rencana dalam pikiran, menuliskannya di atas kertas sesuai dengan urutan pelaksanaan. Ini akan membantu Anda tidak melewatkan tugas penting atau item, tanpa hanya mengandalkan memori Anda. Selain itu, mencoret tugas selesai , Anda akan memiliki rasa kepuasan dan lega, yang pada saat yang sama akan mendorong Anda untuk melakukan tugas lainnya.

Melarikan diri merupakan kebiasaan buruk
Beberapa kebiasaan yang dapat menjaga Anda berada di zona nyaman, memperlambat Anda ke bawah dan bahkan mengalihkan perhatian Anda dari tugas-tugas yang lebih penting. Jadi, Anda perlu mengidentifikasi kebiasaan dan menyingkirkan kebiasaan buruk secara bertahap melalui penerapan kebiasaan baru atau memperbaiki yang lama.



@



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

4 Tips Dasar Tentang Manajemen Waktu | Media Informasi Tehnologi