Google, Microsoft, Amazon, dan lain-lain berebut top-level domain baru seperti .app, .xbox dan .book

Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN)  telah mengungkapkan 1.930 nama-nama aplikasi baru untuk generic top-level domain names (gTLDS). Aplikasi baru akan dapat mendaftar setara domain .com atau domain .org. Aplikasi baru termasuk .android, .app, .love, .ico, .homes, .ibm, .chase, .schmidt, .movie, dan .meme.



.app Salah satu dari top-level domain yang paling diperebutkan, dengan 13 pelamar termasuk Google dan Amazon. Microsoft untuk total 11 nama domain, termasuk .xbox, .hotmail, dan .windows. Apel tampaknya hanya satu, yaitu .apple, dan Google lebih dari 100 nama domain termasuk: .android, .dog dan .blog.

Google mengumumkan baru-baru ini telah menerapkan domain untuk .docs, .youtube, dan .lol, dan organisasi nirlaba Inggris Nominet telah mengajukan .cymru dan .wales. Organisasi harus membayar minimal $ 25.000 per tahun untuk menjaga domain tetap exis, dan tidak semua aplikasi akan berhasil. 231 nama domain yang memiliki lebih dari satu aplikasi, dan 731 aplikasi tumpang tindih.

500 aplikasi akan ditangani pada satu waktu, dan lebih dari 1.000 bisa hidup dalam setahun. Yang pertama dari top-level domain baru akan ditayangkan pada kuartal pertama tahun 2013. Dikutip dari theverge.com ICANN mengatakan "ini adalah hari bersejarah bagi internet dan untuk lebih dari 2 miliar orang yang bergantung padanya, karena internet akan berubah, selamanya."



@



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Google, Microsoft, Amazon, dan lain-lain berebut top-level domain baru seperti .app, .xbox dan .book | Media Informasi Tehnologi