Tuesday, 30 October 2012

Cara Membuat Dual Boot Windows 8 dan Windows 7

Dual Boot Windows 8 dan Windows 7
Microsoft secara resmi meluncurkan Windows 8 pada 26 Oktober. Sistem operasi terbaru ini membawa sejumlah perubahan dibandingkan dengan pendahulunya. Windows 8 menjanjikan pengalaman baru melalui antarmuka pengguna yang lebih segar. Jika Anda penasaran ingin mencoba Windows 8, tapi tidak ingin meninggalkan Windows 7 sepenuhnya, dual boot adalah solusinya.  Ini juga akan memungkinkan pengguna yang ingin transisi dari Windows 7 ke Windows 8.

Berikut ini adalah cara untuk menjaga kedua Windows dapat dijalankan dalam satu komputer:

1. Membuat partisi baru pada hard disk Sebelum memulai instalasi Windows 8. Untuk membuat partisi baru, bisa menggunakan manajemen disk pada Windows 7 atau aplikasi pihak ketiga seperti Partition Magic atau Easeus Partition Master. Pastikan bahwa Anda membuat partisi dengan menggunakan sistem file NTFS.

2. Menyiapkan perangkat boot awal Setelah selesai membuat partisi baru untuk instalasi Windows 8, hal berikutnya yang kita lakukan adalah setup perangkat boot awal yang akan digunakan untuk instalasi. Ketika Anda membeli Windows 8 dalam bentuk fragmen disc, setup perangkat boot pertama dengan optical drive. Pengaturan ini bisa dilakukan melalui menu BIOS.

3. Sekarang Anda siap untuk meng-instal Windows 8 melalui disk atau media lainnya yang Anda gunakan. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses instalasi. Setelah instalasi Windows 8 selesai, boot menu akan menampilkan menu untuk memilih OS sebagai peluncur. Akhirnya, sekarang Anda hanya perlu memilih OS yang ingin Anda gunakan.

Untuk keamanan sebelum memutuskan untuk melakukan dual boot Windows 8 dan Windows 7, ada baiknya untuk melakukan back-up ke file penting untuk mencegah kemungkinan kegagalan.

Cara Membuat Dual Boot Windows 8 dan Windows 7 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alan Gabriel

0 comments:

Post a Comment