NASA akan meluncurkan Satelit berbasis Android dengan hardware Nexus akhir tahun ini

Dihadapkan dengan anggaran yang semakin menyusut, NASA dalam banyak hal perlu mengubah dirinya jika berharap untuk terus memimpin dalam eksplorasi ruang angkasa. Nasa tengah menyiapkan sebuah satelit berbasis OS Android yang bakal mereka siapkan untuk program PhoneSat. Dalam program tersebut, Nasa memakai handphone Google Nexus sebagai otak komputer dari satelit tersebut. Satelit ini memang memiliki ukuran yang mini, yakni 10 sentimeter kubik. Ini adalah proyek pembangunan satelit dengan biaya ter-rendah dan ter-mudah yang pernah ditempatkan ke orbit.

PhoneSat

Nasa tengah mengembangkan dua versi dari satelit tersebut, yakni PhoneSat 1.0 dan PhoneSat 2.0. PhoneSat 1.0 didukung oleh Nexus One, sedangkan PhoneSat 2.0 memanfaatkan Nexus S. Nasa pun merencanakan untuk meluncurkan beberapa perangkat sekaligus dalam program ini. Ttotal biaya setiap satelit adalah $ 3.500. Itu adalah harga yang rendah merupakan elemen penting dari rencana NASA untuk terus mengembangkan teknologi satelit.

PhoneSat 1.0 akan hidup untuk jangka waktu singkat. PhoneSat 2,0 lebih luas kinerjanya berkat kemampuan hardware yang lebih cepat. Sebuah Nexus S akan berfungsi sebagai inti komputer, dengan upgrade lainnya termasuk radio dua arah S-band (yang memungkinkan para insinyur untuk mengontrol satelit dari bumi), panel surya untuk memungkinkan penerbangan lagi, dan transponder GPS. Menurut NASA, membangun fondasi PhoneSat akan memungkinkan desainer untuk lebih terjangkau dalam meluncurkan satelit untuk berbagai keperluan. Contohnya termasuk pengujian teknologi baru / komponen untuk penerbangan ruang dan melakukan pengamatan Bumi.

Selanjutnya, dengan merangkul teknologi konsumen dan berpegang teguh pada tujuan misi mendasar, NASA telah membuat total biaya setiap satelit di $ 3.500. Itu harga yang rendah merupakan elemen penting dari rencana lembaga untuk terus berkembang teknologi satelit di klip cepat - NASA mengibaratkan pendekatan mereka terhadap "rilis awal, lepaskan sering" Silicon Valley doktrin. Tiga NASA PhoneSats sistem (dua 1.0 dan 2.0 Unit tunggal) dijadwalkan untuk memulai kapal roket akhir tahun ini, jadi kita harus memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana layak smartphone bertenaga satelit yang kemudian.


@



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

NASA akan meluncurkan Satelit berbasis Android dengan hardware Nexus akhir tahun ini | Media Informasi Tehnologi