Thursday, 19 July 2012

Pilih-Pilih Aplikasi Android untuk Sambut Ramadan

Sebentar lagi pemeluk agama Islam akan melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Ibadah puasa Ramadan tahun ini akan mulai dilaksanakan pada 21 Juli 2012. Tentunya, anda  sudah tidak sabar dan mempersiapkan diri untuk segera menyambut bulan suci tersebut.


Untuk anda umat muslim yang memiliki smartphone Android, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa aplikasi berikut agar Ramadhan tahun ini terasa lebih bermakna. Di Google Play terdapat beberapa aplikasi yang dapat membantu anda untuk lebih meningkatkan kualitas ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Di bawah ini terdapat aplikasi untuk pengguna Android yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store:

iQuran
Ini merupakan salah satu aplikasi Islami terpopuler di Google Play. Jumlah unduhannya telah mencapai di kisaran 1 hingga 5 juta dengan rating 4,8.


aplikasi, software islami,


Aplikasi ini berguna untuk Anda yang ingin membaca Al-Qur'an dalam huruf Arab di perangkat Android. Tak hanya itu, iQuran juga menyediakan terjemahan setiap ayat dalam bahasa Inggris.


iQuran dapat diunduh tanpa dipungut biaya alias gratis. Untuk versi berbayar, aplikasi besutan Guided Ways Technologies ini menawarkan diskon 50 persen selama bulan Ramadhan tahun 2012.

Ramadhan Guide (Indonesia)Aplikasi yang diciptakan oleh Badr Interactive ini merupakan aplikasi praktis yang dapat membantu umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa mereka. Dalam aplikasi ini terdapat jadwal Imsakiyyah, artikel seputar Ramadan, Ramadan guide, fiqih Ramadan, dan beberapa fitur menarik lainnya.

1100 Hadits Terpilih
Aplikasi yang menampilkan hadis-hadis Islam dalam bahasa Indonesia ini memang disediakan dalam Google Play secara gratis, namun untuk menikmati versi penuh dan berbayarnya, pengguna Android dapat membeli dan mengunduhnya di Amazon.com.

Topik utama yang dibahas di dalam aplikasi ini adalah mengenai Islam, Iman, Ihsan, Syuhada, Ibadah, Wudlu, Shalat, Shaum Puasa, Zakat dan Shodaqoh, Haji dan Umrah, Adab, dan Sabar. Penggunanya dapat mengatur ukuran font, warna font, atau jenis font sesuka hati.

Pengembangnya telah menguji kompatibilitas aplikasi ini dengan menggunakan berbagaihandset Android yang dijual di pasaran Indonesia saat ini dan hasilnya sangat memuaskan. Aplikasi 1100 Hadist Terpilih ini dapat beroperasi dengan menggunakan operating systemAndroid 1.6 atau atasnya.

Al Quran Indonesian Audio
Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang sangat menarik dan dilengkapi dengan fasilitas audio untuk mendengarkan lantunan ayat suci Alquran Terdapat 114 surah dengan pelantun yang mempunyai suara bagus dari berbagai negara, seperti Ahmed Al Ajmi, Ali Al-Hothaify, Saad Al-Ghamdi dan masih banyak lagi.

Dikarenakan bertaraf free version maka tampilan aplikasi Al Quran Indonesian Audio ini masih membawa beberapa iklan, namun apabila penggunanya membeli versi yang berbayar maka iklan-iklan yang mengganggu tersebut tidak akan muncul lagi di layar handset penggunanya.

Aplikasi ini juga sukses diujicobakan dengan menggunakan berbagai handset Android yang berjalan di versi 2.1 ke atas.

Complete Quran (Indonesia)
Seperti halnya Ramadhan Guide, Complete Quran ini juga diciptakan oleh Badr Interactive. Fitur-fitur di dalam aplikasi ini sangat menarik karena selain untuk dipergunakan sebagai Alquran elektronik, aplikasi ini juga berisi tafsir, landscape mode, search, bookmark, email, serta terhubung dengan situs jejaring sosial Facebook dan Twitter.

Complete Quran ini dapat digunakan di hampir semua perangkat handset Android 2.1 ke atas. Ukuran filenya juga tidak terlalu besar, hanya 6,2MB saja.

Ramadan 2012
Aplikasi yang dikembangkan oleh Boukhatem.com dan Rechdi.com ini ditujukan bagi umat Islam di manapun mereka berada. Fungsinya adalah sebagai kalender digital yang dilengkapi informasi seputar waktu imsak dan waktu beribadah.


Ramadan 2012 diklaim bisa digunakan di lebih dari 251 negara dan 6 juta kota, sehingga sangat cocok bagi anda yang gemar bepergian. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengaktifkan notifikasi atau alarm sebagai waktu pengingat selama beribadah.


Doa Harian
Doa Harian adalah salah satu aplikasi Islami buatan lokal yang mendapatkan respon cukup positif dari penggunanya. Fungsinya adalah sebagai kumpulan doa sehari-hari dalam huruf Arab dan Latin.


Aplikasi gratis yang digarap oleh OneBitMobile (developer asal Yogyakarta) ini juga menyediakan terjemahan dari setiap doa ke dalam bahasa Indonesia.


Muslim Pro-Azan, Quran, Qibla
Fungsinya hampir mirip dengan Ramadan 2012. Hanya saja aplikasi ini juga dilengkapi dengan penunjuk arah kiblat. Selain itu, Anda juga bisa membaca berbagai ayat Al-Qur'an yang tersedia dalam huruf Arab dan Latin beserta terjemahan bahasa Inggris.


Aplikasi gratis ini cukup populer di Google Play dengan jumlah unduhan yang nyaris setara dengan iQuran.


Kalkulator Zakat
Satu lagi aplikasi menarik dari developer lokal OneBitMobile. Kalkulator Zakat memang tergolong masih baru. Jumlah unduhannya pun baru di kisaran seribu hingga 5 ribu. Namun, aplikasi ini cukup berguna untuk menghitung berapa zakat yang dikeluarkan terkait harta, profesi, dan usaha anda.

Pilih-Pilih Aplikasi Android untuk Sambut Ramadan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alan Gabriel

0 comments:

Post a Comment