Bagaimana Cara Benchmark "Menguji" Perangkat Android (GPU / grafik, jaringan, dan kinerja browser)


GPU dan Performa Grafis


GLBenchmark (tersedia di Google Play, gratis)

GLBenchmark memungkinkan anda menjalankan off-layar tes yang menghindari keterbatasan V-Sync layar perangkat. GLBenchmark adalah OpenGL ES 2.x terdiri dari 33 tes yang berbeda yang mengevaluasi kemampuan GPU untuk menangani pencahayaan berbasis tekstur dan pencahayaan langsung, bump , lingkungan dan pemetaan cahaya, bayangan lembut, dan vertex shader berbasis skinning. Selain test suite yang beragam, GLBenchmark menawarkan beberapa "off-screen" tes yang mampu membuat pada resolusi yang sama (1280 by 720), terlepas dari perangkat yang diuji dan meskipun ada keterbatasan V-Sync. Umumnya hasil output benchmark mobile grafis di kanan sekitar 60 frame per detik, karena layar perangkat terkunci untuk 60Hz, yang menampilkan hasil tidak berguna. Untuk menjalankan GLBenchmark, anda harus terlebih dahulu membuat account, setelah itu yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi, klik tombol Performance Tests, pilih tes anda, kemudian klik Start .

An3DBenchXL (tersedia di Google Play market, gratis)

Aplikasi berjalan melalui serangkaian lima tes yang menggunakan teknik rendering yang berbeda dengan berbagai jumlah poligon dan beban kerja untuk mengevaluasi kinerja sebuah GPU, kemudian keluar serangkaian hasil yang dapat anda bandingkan dengan hasil untuk smartphone lainnya, tablet atau bahkan PC anda. Perbandingan seperti ini dimungkinkan karena hasil laporan AN3DBenchXL dari lima tes individu dalam frame per detik (skor keseluruhan dihasilkan juga) sehingga anda dapat melihat peringkat perangkat anda melawan mesin game lainnya. An3DBenchXL lebih mudah untuk digunakan, dengan hanya menjalankan aplikasi dan kemudian tekan layar untuk memulai. Hasilnya akan muncul setelah semua tes telah selesai. Pastikan untuk mengikuti prosedur pembandingan yang diuraikan di atas untuk memastikan kinerja yang optimal.

Network Performance

Ookla Speedtest.net (tersedia di Google Play market, gratis)

Patokan Speedtest.net Ookla yang mengevaluasi kinerja koneksi data perangkat mobile. Ookla Speedtest.net app yang merupakan perpanjangan dari situs Speedtest.net populer, dirancang untuk mengevaluasi kecepatan koneksi internet perangkat mobile. Ini adalah alat yang hebat untuk menggambarkan perbedaan yang mencolok dalam kinerja yang ada antara 3G dan 4G jaringan mobile dan bahkan Wi-Fi. Untuk menggunakan Speedtest.net, jalankan aplikasi, tunggu beberapa saat untuk menentukan lokasi anda dan memilih server yang sesuai, kemudian klik tombol Begin Test. Tes akan mengukur dan melaporkan kecepatan Download anda, Upload, dan waktu Ping dan akan menampilkan grafik real-time yang melacak konsistensi koneksi.

Browser Performance

Rightware BrowserMark (tersedia di situs Rightware)

Seperti namanya, Rightware BrowserMark adalah alat untuk mengukur kinerja rendering browser JavaScript dan HTML. BrowserMark berjalan melalui berbagai animasi dan fungsi JavaScript, pada akhir pengujian akan menampilkan skor akhir yang dapat anda gunakan untuk membandingkan kinerja perangkat yang berbeda. Untuk menjalankan BrowserMark, arahkan browser anda ke http://browsermark.rightware.com/ dan klik tombol Start. Jika anda berencana untuk membandingkan kinerja perangkat yang berbeda, anda harus menggunakan browser yang sama untuk semua pengujian anda. Kinerja sangat bervariasi dari browser ke browser di BrowserMark, yang membuat alat ini menjadi patokan yang baik untuk melihat browser terbaik yang berjalan pada perangkat anda.

SunSpider JavaScript benchmark (tersedia di situs WebKit)

SunSpider merupakan patokan berbasis browser. Tes ini, menguji kinerja fungsi JavaScript yang digunakan secara luas di seluruh Web, tidak termasuk Document Object Model (DOM) dan API browser lainnya. Untuk menjalankan SunSpider, arahkan browser Anda ke www.webkit.org / Perf / SunSpider / sunspider.html kemudian klik link Start SunSpider 0.9.1 now. Situs ini akan melakukan sejumlah tes, dan kemudian akan menampilkan hasil akhir (dan juga nilai tes individu). Pada benchmark SunSpider JavaScript, skor yang lebih rendah menunjukkan kinerja yang lebih baik.

Next: Hasil benchmark
Baca juga:
Bagaimana Cara Benchmark "Menguji" Perangkat Android (bag 1)




@



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Bagaimana Cara Benchmark "Menguji" Perangkat Android (GPU / grafik, jaringan, dan kinerja browser) | Media Informasi Tehnologi