Wednesday 2 May 2012

Pear OS Linux versi 4.0 Ubuntu dengan Sensasi Mac OS


Jika anda menyukai Ubuntu tetapi ingin merasakan sensasi Mac OS, silakan mencoba Pear OS Linux versi 4.0.

Pear OS sengaja dibuat dengan tampilan nuansa Mac OS oleh pengembangnya. Slogan yang diusung Pear OS, “Think Totally Different”, plesetan dari “Think Different” milik Apple. Logo buah pir tergigit juga terinspirasi dari logo Apple.


Pear OS Linux 4.0 merupakan pengembangan dari Ubuntu 11.10 yang dibuat oleh David Tavares asal Perancis. Meski turunan Ubuntu 11.10, distro ini tidak menggunakan desktop manager Unity dan memilih Gnome 3.2 yang lebih sederhana, mudah, dan memiliki tampilan menarik.

Karena berbasis Ubuntu 11.10, Pear menggunakan proses instalasi yang sama dengan Ubuntu “asli” yakni Ubiquity Installer. Anda tidak akan menemui kesulitan saat melakukan instalasi, baik instalasi mandiri maupun dalam modus dual boot dengan Windows atau OS lain. Jika anda masih awam mengenai partisi hard disk, instalasi ini juga menyediakan pilihan secara otomatis dan anda tinggal mengikuti wizard yang ada.

Pear OS menggunakan tampilan seperti Mac OS. Yang paling jelas terlihat yaitu tampilan application launcher bergaya dock. Jika menjelajah lebih dalam, anda juga akan menemui tampilan yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar bernuansa Mac OS. Beberapa pintasan pada dock telah terpasang secara default seperti Finder yang merupakan explorer dan Launchpad yang merupakan modifikasi slingshot launcher milik Ubuntu.

Pear OS juga menyediakan aplikasi pencadangan (backup) dengan nama Back In Time. Fungsinya mirip dengan Time Machine milik Apple atau System Restore pada Windows. Sebagai browser bawaan, digunakan Opera versi 11.60. Untuk menjalankan berkas audio, tersedia aplikasi Clementine.

Awalnya, Pear dibuat untuk sistem berbasis 64-bit. Namun, versi anyarnya menyediakan pula versi 32-bit. Versi 64-bit memiliki ukuran 1,2 GB dan versi 32-bit sekitar 900 MB. Besarnya kapasitas tersebut dikarenakan Pear telah menyertakan beberapa codec repository sehingga anda tidak perlu lagi mengunduhnya secara manual.

Untuk mengolah dokumen, Pear OS menyertakan aplikasi paket pengolahan dokumen Libre Office. sedangkan untuk membaca berkas PDF tersedia aplikasi Pear-PDF-Viewer.

Pear OS merupakan distro yang cocok bagi anda yang ingin merasakan Ubuntu yang dipadu dengan tampilan ala Mac OS. Dengan tampilan yang memudahkan dan menarik, OS ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin beralih dari Windows.

Spesifikasi


Jenis
Open source/Free

Ukuran berkas instalasi
32-bit (900 MB), 64-bit (1 GB)

Situs web

Sistem operasi
Prosesor 32/64-bit, memori 512 MB RAM, hard disk 8GB, kartu grafis resolusi minimal 800x600, CD/DVD driveatau porta USB.


Pear OS Linux versi 4.0 Ubuntu dengan Sensasi Mac OS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment