Saturday, 4 February 2012

Serba - Serbi Google+


G+ sebetulnya baru mulai sekitar september 2011. Sampai january 2012, sudah ada sekitar 90 juta user. Hingga january 2012, ada sekitar 150 perubahan program pada server g+.
Konsep yang menarik dari g+ adalah circle (lingkaran). Masing-masing circle dalam account g+ kita dapat dilihat sebagai kategori atau kumpulan orang dengan "spesifikasi" tertentu, seperti, keluarga, teman, kenalan, orang yang kita follow dll. Kira-kira circle bisa dilihat sebagai filter juga. Menggunakan circle kita bisa menentukan sebuah posting apakah ingin di buat "public" atau untuk circle-circle tertentu, atau beberapa orang tertentu saja. Dengan demikian, privasi / kontrol dapat sangat terjaga.
Tidak heran jika G+ menjadi sangat nyaman digunakan untuk mencari dan bertemu dengan orang yang tidak kita kenal.
Informasi menarik untuk pengguna android trutama android IceCream sekarang sudah mengintegrasikan G+ dengan sangat baik. Misalnya address book android di sync dengan data di G+, jadi kalau teman kita ganti nomor HP bisa langsung dihubungi tanpa perlu mengubah address book karena sudah sync dengan data di g+.
Berbeda dengan situs sosial lainnya, g+ melengkapi photo editor dan juga creative kit dalam fasilitas album-nya. Jadi kita bisa mengedit foto yang kita upload ke g+.
Fasilitas yang cukup menarik adalah "hangout". Hangout dapat dilihat sebagai fasilitas video chatting. Tapi beberapa orang menggunakannya untuk melakukan konser / orasi. Contoh yang real adalah Presiden Obama pernah melakukan Hang out yang sekaligus di streaming ke youtube. Ini menyebabkan follower presiden Obama naik mengalahkan presiden Taiwan yang pertama menggunakan Hangout.
Di dunia musik yang juga tidak kalah menarik adalah AKB48 dari Jepang. Yang mempunyai fans sangat banyak dan berinteraksi melalui hangout dan biasanya akan menerima comment yang sangat banyak lebih dari 500 comments untuk satu posting status.
Kisah yang paling dramatis adalah Daria Musk seorang biasa saja dari tengah Amerika suatu hari dia punya ide untuk mengadakan konser melalui Google Hangout. Saat itu, engineer Google mengatakan tidak mungkin karena fasilitas Hangout tidak dirancang untuk itu. Tapi Daria tetap nekad melakukan Hangout tersebut, Hangout pertama 16 Juli 2011 di hadiri oleh sekitar 200-an orang saja setelah 6.5 jam melakukan Hangout. Sekarang Follower Daria sudah lebih dari 631359 orang kira-kira setengah dari Britney Spears. Padahal Daira awalnya adalah orang biasa saja. G+ ternyata bisa mengubah seseorang dalam waktu beberapa bulan saja.
Beberapa tips sederhana untuk mencari teman atau orang yang ingin kita follow. Cara yang paling sederhana adalah menggunakan fasilitas search. Kadang kala, orang akan men-share lingkaran / circle teman-2 nya, ini dapat menjadi referensi untuk mencari teman. Kata kunci yang menarik untuk di search di g+ adalah "best of" dan "most recent" / "terkini".
Teknik lain untuk mencari orang adalah membaca-baca http://socialstatistics.com lakukan search dengan lokasi tertentu, atau nama tertentu. Kebetulan situs ini juga merangking orang di g+.
Topik Lainnya:  google+ google internetandroid komputerteknologi

Serba - Serbi Google+ Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alan Gabriel

0 comments:

Post a Comment