Friday 2 December 2011

Memilih Sistem Operasi Yang Tepat Untuk Ponsel Anda


Smartphone atau ponsel pintar merupakan teknologi yang tergolong mutakhir. Namun, pintar tidaknya ponsel ini bergantung pada pemakainya. Bisa jadi ponsel pintar tersebut tidak  digunakan secara maksimal jika pemakainya tidak tahu bagaimana cara memaksimalkannya.
Untuk saat ini terdapat beberapa pilihan Sistem Operasi mobile untuk ponsel. Di antaranya adalah Symbian, BlackBerry, iOS, Android, dan Windows Phone 7 atau WP7.
Agar anda dapat memilih Operating System mobile sesuai dengan kebutuhan, di bawah ini adalah deskripsi singkat mengenai beberapa OS tersebut.
1. Android
OS yang dibuat oleh Google ini memang tergolong masih baru. Tak disangkal lagi jika masih banyak kekurangannya, terutama masalah keamanan. Banyak sekali malware dan virus yang menjadikan ponsel android sebagai sasarannya.
Meski begitu, OS ini menjanjikan teknologi yang tinggi. Terlebih dengan nama Google di belakangnya. Tak hanya itu, akhir-akhir ini juga banyak produsen ponsel yang berlomba memproduksi ponsel Android. Sebut saja Samsung, HTC, Motorola, Sony Ericsson, LG adalah deretan produsen yang mengembangkan ponsel android.
Dengan dukungan banyak produsen ponsel membuat ponsel android tersedia bagi banyak kalangan, dari yang low end hingga high end. Selain itu Android juga menjanjikan kustomisasi software yang mudah. Terlebih banyak pilihan aplikasi dengan berbagai konten yang bisa dipilih secara gratis di Android Market.
Android memberikan dukungan fitur copy paste, multi tasking, flash, kustomisasi home screen, notification alerts, google maps, push email, quick mobile office dan masih banyak lagi.

2. BlackBerry
Research in Motion (RIM) menjadi salah satu perusahaan tersukses di dunia berkat BlackBerry. Terlebih lagi di Indonesia, jumlah pengguna BlackBerry atau yang sering disebut BB menjadi salah satu yang terbanyak di dunia dengan jumlah mencapai 800 ribu pelanggan, itupun hanya untuk satu operator saja.
Yang menjadi kelebihan BlackBerry adalah push mail dan aplikasi blackberry messengernya atau BBM. Terakhir, mereka baru saja mengeluarkan versi terbaru dari blackberry messenger, yakni BBM 6.0.
Dengan aplikasi BBM tersebut, anda dapat mengirim pesan secara gratis kepada seluruh teman anda yang ada di phonebook. Selain daripada itu, Blackberry sepertinya tidak memiliki keunggulan lain.
3. iOS
iOS adalah Operating System ciptaan Apple. Tentu saja OS ini hanya digunakan oleh ponsel produksi Apple, iPhone. Jika anda memilih menggunakan OS ini, maka tak banyak pilihan yang bisa anda pilih. Meskipun begitu, Apple menjanjikan sistem keamanan yang bagus, dengan disain yang menawan, kualitas mumpuni serta jutaan aplikasi yang tersedia yang rata-rata berbayar (tidak gratis).
OS ini menawarkan fitur multi tasking video chat, dan copy paste. Sayang iOS tidak mendukung flash, namun terdapat dukungan HTML 5 yang dapat memainkan video di browser.
Jika anda menginginkan OS ini, siap-siaplah merogoh kocek lebih dalam.
4. Symbian
Symbian adalah OS besutan Nokia. OS ini adalah salah satu OS mobile tertua yang pernah ada. Namun OS ini masih belum memiliki banyak ruang di kancah ponsel pintar.
Pemakai Nokia di Indonesia sendiri sebenarnya masih banyak. Bahkan Nokia pernah mendapat sebutan sebagai ponsel sejuta umat oleh sebagian orang.
Namun untuk ponsel pintar, nampaknya Nokia masih harus belajar dari RIM, Apple ataupun produsen ponsel pintar lainnya. Kepopuleran Symbian di ponsel pintar kalah jauh jika dibandingkan dengan Android, Blackberry, ataupun iOS. Bahkan Nokia sendiri mulai memalingkan diri ke OS WP7.
Keuntungan terbesar dari OS ini adalah tingkat familieritasnya. Banyak orang yang sudah familier dengan ponsel Nokia. Namun, Nokia enggan untuk melanjutkan pengembangan OS ini. Mereka mengatakan akan menghentikan pengembagan OS ini pada 2012. Meskipun begitu mereka tetap mensupport Symbian sampai pada 2014.
5. WP7
Windows Phone7 versi 7.5 Mango adalah OS terbaru yang akan ada di pasaran. Terdapat beberapa produsen ponsel yang berencana akan memproduksi ponsel berbasis WP7, Nokia adalah salah satunya.
Meskipun terhitung baru, WP7 adalah OS yang modern. OS ini menawarkan penggabungan beberapa fitur dalam satu hub. Misalnya adalah People Hub, yang dapat menampilkan status facebook teman-teman anda yang ada di kontak telepon. Dari situ anda bisa memberikan komentar atau me-like status mereka.
Namun yang pasti, OS ini membutuhkan performa yang tinggi. Minimal prosesor yang dibutuhkan harus memiliki kecepatan 1GHz atau lebih agar OS ini dapat bekerja maksimal. Tentu saja hal ini berimbas ke harga ponsel itu sendiri. Ada kelebihan pada sistem navigasi yang ditawarkan oleh WIndows Phone yang memang smooth dan memungkinkan perpindahan dari satu layar ke layar lain atau aplikasi lain dengan mudah.


Topik lainnya yang mungkin Anda sukai:
ponselsmartphoneandroid blackberryiPhonesymbianwindows 7software gadget hardwarekomputer




Memilih Sistem Operasi Yang Tepat Untuk Ponsel Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment