Tuesday, 2 August 2011

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Monitor CRT, LCD dan Plasma

Monitor merupakan periferal yang terbentuk dari serangkaian sirkuit elektronik,display panel,dan enclosure.Dari tiga elemen pembentuk utama monitor tersebut,unit display panel merupakan jantung utama monitor karena memiliki fungsi utama untuk menghasilkan output gambar.
Sehubungan dengan display panel yang digunakan,secara garis besar berdasarkan penggunaan terbesar dan tingkat kepopuleran tipe monitor yang ada pada saat ini,dapat dibedakan tiga generasi monitor,yaitu CRT, LCD, dan Plasma.Mungkin anda menggunakan salah satu dari tiga jenis monitor tersebut untuk komputer di rumah Anda.Tapi tahukah Anda apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki monitor tersebut...!

1.CRT (Cathode Ray Tube)
 Kelebihan : Tipe CRT memiliki kelebihan dalam hal High Dynamic Range ( hingga mencapai 15000:1),reproduksi warna sangat baik, wide gamut dan level black yang sangat rendah.Selain itu, monitor ini dapat menampilkan hampir semua resolusi native dan refresh rate dan memiliki Viewing angle yang sangat baik.Harga yang ditawarkan juga jauh lebih murah dibandingkan jenis monitor LCD atau Plasma.
kekurangan : CRT memiliki ukuran yang berat dan body besar, terutama untuk ukuran display diatas 20".Membutuhkan daya yang besar dan operasional suhu yang tinggi.Pada sisi reproduksi gambar,pada refresh rate yang rendah,efek flicker akan sangat terasa. Aspect ratio biasanya hanya terbatasi pada ukuran 4 : 3.

2. LCD ( Liquid Crystal Display )
Kelebihan : kelebihan utama LCD adalah pada ukuran dimensi ( compact ) dan berat yang sangat rendah, konsumsi daya yang sangat rendah, hampir tidak ada efek flicker ( tergantung pada tipe backlight yang digunakan ), dapat diproduksi hampir untuk semua ukuran, dan secara teori tidak ada batasan resolusi maksimal.
Kekurangan : LCD memiliki sudut pandang yang sangat terbatasi. Hal ini juga menyangkut sisi reproduksi warna , saturasi, dan brightness yang berubah-ubah meski pada sudut pandang yang paling optimal. Response time-nya rendah hingga menimbulkan ghosting artiffact, memiliki satu native resolution meski resolusi lain dimungkinkan dengan menggunakan video scaller. Dead pixel bisa terjadi entah ketika produksi di pabrik maupun ketika pemakaian oleh user.

3. Plasma
Kelebihan : display plasma hampir menyerupai kemampuan monitor CRT, dengan contrast ratio tinggi ( 10.000 : 1 ). Reproduksi warna sangat baik dan level black rendah. Hampir tidak ada response time dan sudut pandang ( viewing angle ) sangat baik.
Kekurangan : memiliki ukuran pixel pitch yang besar, yang artinya memiliki resolusi rendah atau meski resolusi tinggi, ukuran monitor haruslah besar. Tipe plasma juga memiliki bobot yang sangat besar. Konsumsi daya dan operasional suhu yang tinggi. Cell plasma untuk perwakilan tiap pixel gambar hanya memiliki fungsi on/off sehingga reproduksi warna jauh lebih terbatasi lagi dibandingkan tipe CRT ataupun LCD.


Lihat Juga Tag Lainnya: hardwaregadgetkomputerkomputer tabletponselsmartphonesoftwareteknologilaptop software

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Monitor CRT, LCD dan Plasma Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alan Gabriel

0 comments:

Post a Comment